MERANCANG PROGRAM PEMBANGUNAN KABUPATEN BEKASI

Sunday, July 22, 2007

Rekan-rekan sekalian, sebulan belakangan ini, saya dengan beberapa teman diminta membantu Bupati Bekasi yang baru terpilih melalui pilkada langsung untuk merancang program pembangunan untuk lima tahun ke depan atau sering disebut RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Hal ini dilakukan agar selama lima tahun pemerintahan ke depan, sudah ada panduan yang jelas terhadap arah pembangunan yang harus dikerjakan.

Pekerjaan ini cukup menguras energi. Mulai dari menganalisis data, survei ke lapangan, dialog dengan berbagai stakeholder (pejabat pemda, ulama, pengusaha, mahasiswa, LSM, tokoh masyarakat, dll), paparan di depan Bupati dan Wakil Bupati, sampai tahap finalisasi.

Memang tidak mudah menjalankan amanah ini. Karena ternyata data-data yang kami butuhkan tidak bisa kita dapatkan dengan gampang. Selain itu kami harus bisa menterjemahkan visi dan misi dari Bupati terpilih. Yang paling berat sebenarnya adalah lebih disebabkan tanggungjawab dari hasil pekerjaan ini, yaitu keberhasilan pembangunan kabupaten Bekasi lima tahun ke depan harus bisa tergambar dalam RPJMD ini. Dan tentunya hasil pembangunan harus bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, akhirnya pekerjaan berat tersebut bisa saya lalui dengan baik. Tinggal pelaksanaannya. Pak Bupati pun tetap meminta agar saya dan tim tetap membantu beliau untuk mengawal perencanaan tersebut agar dapat terimplementasi secara baik. Wallahu’alam bish showab.

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Amanda @ Blogger Buster